update(s)

Nothing went smooth. After what we have done on April, no progress from my side. We were too busy to do other things (such as; traveling or looking for a new job or looking for school for master degree, etc.).

Okay, I did my research, I contacted several vendors and ended up with disappointment (mostly, because of the decoration price). Maybe, partially, that's the reason why I became so ignorant for this.

I think, it's time to switch my language preference. Since, from now on, most likely I will share things that is too particular for Indonesian wedding only. Believe me, it's not gonna be too useful for people who doesn't understand Bahasa.

p.s.: I would be happy to translate it to English if you ask me to (and if I have enough time to do it). Just let me know! ;)

1. Dekorasi

Belum ada yang fixed untuk dekorasi adat maupun dekorasi resepsi.

Dekorasi adat, semata-mata karena Mama masih sibuk mengurus dokumen yang lain, dan saya tidak beride untuk cari vendor dekorasi adat dimana, referensinya terbatas. Jadi, kemarin menunggu Mama yang langsung menghubungi gedungnya untuk lihat rekanan gedung. Baru ada satu nama untuk dekorasi adat - Romora Decoration, dan sudah saya hubungi lewat email. Namun, apa daya.. belum ada balasan, so far.

Dekorasi resepsi.. ini yang paling bikin speechless. Udah mengomel-ngomel sana-sini gara-gara quotation dari vendor-vendor dekorasi yang agak kebangetan angkanya :(

As mentioned before, yang udah pernah ketemu sama orangnya ya baru Agung Decoration. Mas Aji juga udah kirim price quotation-nya, tapi beneran pengen pingsan lihat harganya jika dibandingkan dengan sketsa proposalnya. Njomplang banget. Saya belum pernah lihat hasilnya langsung sih memang, dan menurut review Agung Decoration cukup reliable; tapi entah kenapa, saya (dan Yos; dan mamanya Yos) kurang sreg sama Agung.

Berikut penawaran dari Agung Decoration;
- Pelaminan (perincian yang lebih detail ada di penawarannya, tapi di sini saya nggak share karena terlalu panjang dan terlalu spesifik dengan tema yang saya minta), termasuk kursi dan lampu sorot;
- Tatanan bambu di belakang pengantin;
- Taman di depan pelaminan, dengan jenis bunga casablanca, rose, peacock, hortensia, shena, amarantus, garbera, snap dragon, dan daun;
- Layar hitam + lampu bintang di belakang pelaminan;
- 4 pasang standing flower (dengan bunga segar)
- 2 rangkaian bunga segar di gentong gedung
- 4 kotak uang + rangkaian bunga mawar + lampu kap;
- wedding gate;
- pagar pembatas area VIP;
- tatanan bambu + rangkaian bunga segar + tatanan daun stock + taman untuk area pemain musik;
- frame screen + tatanan daun untuk screen;
- 1 pasang umbul-umbul

Menurut kita sih penawaran dari Mas Aji tergolong mahal (mungkin karena Yos dan saya udah ngeliat proposal sketsanya) dan saya nggak tau gimana cara nawarnya biar harganya bisa diturunin. Berdasarkan review, katanya Agung Decoration emang sudah ternama, yang membuat saya makin yakin kalau harganya nggak bisa ditawar jauh. Jadi, ya sudahlah.. karena faktor kurang sreg tadi, plus harga yang out of budget, penawarannya masuk folder dulu, sembari dibanding-bandingkan dengan vendor-vendor lain.

Contoh dekorasi oleh Agung Decoration:
(ps.: Agung Decoration juara di dekorasi adat Jawa. Gebyoknya bagus-bagus.)

Vendor kedua adalah Rumah Kampung. Dari awal buka-buka brosur Balai Sudirman, saya selalu kembali lagi (dan lagi) membuka halaman si Rumah Kampung ini. Kebayangnya sih tema saya cocok dengan vendor ini.. dan setelah googling, reviewnya cukup memukau. Jadi, saya coba menghubungi Mas Fajar dari Rumah Kampung. Balasan dari Mas Fajar, cukup mendatangkan petir di email saya.. Haha. Harganya lebih mahal sekitar 15juta dari Agung Decoration.

Berikut penawaran dari Rumah Kampung;
Reception area:
- Box angpau + bunga (4 titik)
- Konsole / meja souvenir (2 buah)
- Backdrop bunga (2 pot)
- Backdrop panel + bunga (1 titik)
- Gate to ballroom (pergola+kain+bunga)
- Lighting spot
- Standing flower (2 titik)

Area Jalur Tamu:
- Jalur salaman dengan tiang lampu (4 titik)
- Standing flower (6 titik)
- Pergola kaki 2 dengan aksen kain dan bunga (2 titik)
- Corner (sesuai tema)

Pelaminan:
- Pelaminan sesuai tema
- Gardem + ornamen pernik dekor
- Kursi pelaminan (1 set)
- Permadani (1 set)
- Centerpiece flowers (1 titik)
- Standing flower (2 titik)
- Spot lighting

VIP area:
- Pagar
- Gate pergola (1 titik)

Band stage:
- Backfrop dengan pergola kaki 4
- Spot light

Suasana:
- Pohon artificial daun putih atau hijau sesuai tema (1 titik)
- Kursi puff (2 set)

Cuma bisa menelan ludah dan ketawa miris, pas saya buka email dari Rumah Kampung. Tapi, saya yakin kok kalau pasti hasilnya bagus.. habisnya reviewnya ciamik banget. Cuma sayang sih, respon emailnya agak telat.. bahkan Yos sampe harus nelpon dan saya harus sms satu-satu ke orangnya. Pun yang bales email saya itu si Mas Fajarnya langsung lewat email pribadinya. Mereka bilang sih, mereka lagi ada pameran (dan saya malah disuruh mampir aja buat diskusi), jadi mereka belum sempat cek email.

Agak susah cari image referensi untuk Rumah Kampung, dan saya cuma nemu satu. Ini contoh dekorasi Rumah Kampung:

Vendor ketiga yang saya coba hubungi adalah Janur Kuning. Kebetulan saya sambil mengintip ke blognya Melur, dan based on review, nampaknya Janur Kuning cukup affordable dan bagus pengerjaannya. Contact person Janur Kuning - Mas Harlie - orangnya bersahabat dan cukup sigap balas email-email saya.

Berikut penawaran dari Janur Kuning;
Pelaminan:
- Pelaminan rumah
- Tirai bintang di belakang pelaminan
- Pohon-pohon tanjung di atas pelaminan (4 buah)
- Pohon bambu di belakang pelaminan
- Taman di depan panggung pelaminan
- Lesung padi + padi-padian di antara taman
- Rangkaian bunga besar di belakang pengantin (1 buah)
- Rangkaian bunga besar di kiri dan kanan orang tua (4 buah)
- Karpet permadani di bawah kursi pengantin (1 buah)
- Lampu sorot
- Kursi pengantin + orangtua (1 set)

Area buku tamu:
- Tenda 4x6m
- Backdrop untuk penerima tamu (2 set)
- Kotak angpao (4 buah)
- Rangkaian bunga untuk di atas kotak angpau (4 titik)
- Lampu meja untuk di atas kotak (4 buah)

Dekorasi Panggung Musik:
- Backdrop panggung (4m)
- Taman di depan pangguung (4m)

Area Red Carpet:
- Pergola kayu
- Meja konsul untuk di kiri dan kanan gate pengantin (2 buah)
- Vas bunga (2 buah)
- Standing flower (6 buah)
- Rangkaian bunga untuk di kiri dan kanan gentong (2 buah)

VIP:
- Pagar bambu

Complementary (Bonus):
- Janur kuning untuk di depan gedung (2 buah)
- Hand bouquet (1 buah)

Jujur saja, saya cukup kepincut dengan rincian dari Janur Kuning, salah dua alasannya karena harganya lebih murah dan ada properti lesung padi-nya! Saya langsung kegirangan saat nunjukkin rincian ini ke Yos, hehe. Saya lagi arrange untuk ketemuan sama Mas Harlie saat pulang ke Jakarta nanti akhir bulan, sambil bahas kira-kira apa-apa saja yang nggak terlalu perlu dan bisa dikurangin dari spesifikasi di atas, untuk menekan budget. Yah, harganya masih di luar budget sih.. tapi rinciannya cukup banyak dan kayanya masih bisa diakalin supaya lebih murah. :)

Contoh dekorasi Janur Kuning:



Vendor terakhir adalah Every Decoration. Saya kemarin agak-agak hopeless nyari-nyari vendor dekorasi dengan harga yang masuk budget, jadi saya coba-coba hubungi Every, walaupun menurut saya sih stylenya kurang cocok sama tema yang saya inginkan. Contact person-nya lumayan asik dan cepat merespon email dan whatsapp saya, namanya Mbak Djuju.

Berikut penawaran dari Every Decoration;
Pelaminan:
- Frame silver untuk background pelaminan (1 set)
- Hiasan lemari Palembang (2 buah)
- Hiasan kain silver + kain pink fusia (1 set)
- Standing flower (6 buah)
- Hiasan meja konsule (2 buah)
- Kursi pengantin dan orang tua (1 set)
- Taman di depan pelaminan

Dekorasi ruang dalam:
- Standing flower di jalur salaman (6 buah)
- Pergola pengantin dengan bunga juntai (1 buah)
- Mini gallery (1 buah)
- Dekorasi panggung musik
- Frame screen (1 set)

Dekorasi pintu masuk:
- Pergola kain (1 unit)
- Kotak angpau putih + bunga (4 buah)

Sejauh ini, Every Decoration menang di harga yang paling murah! Tapi, kalau dilihat dari rinciannya, memang tidak sedetail Janur Kuning sih.. Saya berusaha nawar ke Mbak Djuju untuk additional bonus, dia bilang bisa ditambah bonus-bonusnya, tentunya setelah ketemuan dan tema + keinginan saya disampaikan ke Every Decor. Well, fair enough.

Contoh dekorasi Every Decor:


Maaf ya saya nggak mencantumkan harganya, tapi kalau ada yang mau perinciannya, let me know and leave your email address. Dengan senang hati bakal saya share:)

2. Make up Martumpol
Hal lain yang masih mandek di tengah jalan adalah MUA untuk martumpol. Memang sih Mama bilang nggak usah yang terlalu mahal, karena martumpol termasuk acara yang belum terlalu resmi. Tapi, saya sudah berusaha cari dan sms kesana-sini, harganya berkisar IDR 600,000 -IDR 1,500,000. Sebenarnya kalau MUA pas pemberkatan saya nggak berhalangan, saya akan lebih sreg untuk engage orang yang sama - sekalian untuk make up test; sayangnya Mbak Sofia nggak bisa di tanggal Martumpol saya, sehingga saya harus cari MUA lain dan bayar ekstra. Sudah menghubungi cukup banyak MUA di Jakarta, dan saya udah punya beberapa kandidat yang cukup dijagokan (list di bawah berdasarkan prioritas):

a. Ita Tambunan - IDR 1,000,000 (nawar dari harga asli IDR 1,300,000)
instagram: itami0
b. Nea Make Up - IDR 1,000,000
instagram: nea_makeup
c. Jasmine - IDR 1,000,000 (belum ditawar)
instagram: jasminelishava
d. Ocha Beauty Duo - IDR 1,500,000 (min. 2 orang, berarti additional IDR 650,000 untuk make up Mama)

3. Cincin
Masih belum yakin kalau di Singapore atau Jakarta ada yang jual cincin sesuai kemauan Yos dan saya. Di Singapore, pilihan lumayan terbatas sih.. kebanyakan toko perhiasan dimonopoli oleh nama-nama besar yang tokonya di mall dan bling-bling, beda banget sama di Indonesia yang punya toko perhiasan di ruko-ruko kecil tapi terpercaya. Jadi, sementara sih saya masih browsing di Singapore dan langsung ditolak oleh mas-mas dan mbak-mbaknya karena kami berdua nanyain desain yang katanya "terlalu Eropa". Justru mereka langsung nawarin desain-desain lain yang kebanyakan sih kami nggak suka.. Jadwalnya, cari cincin akhir Juni ini. Kalau ada yang mau rekomen toko cincin di Jakarta, boleh loh.. saya dengan senang hati akan mencatat dan mendatanginya nanti :)

4. Kebaya Mama dan seragam untuk di panggung adat
Weekend kemarin, Mama saya dan Mama Yos berhasil berkolaborasi dan berheboh-heboh ria di Pasar Baru untuk mendapatkan kebaya dan songket mereka, plus seragam untuk ibu-ibu yang nantinya akan duduk di panggung adat. Fiuh! Bisa bernapas lega untuk item yang itu.. satu lagi bisa dicoret dari checklist :) Saya udah nggak komen lagi tentang warna (they chose pink!), selama mereka senang dan sreg dengan kombinasi warna yang mereka pilih.. saya sih oke saja. Soalnya saya jauh dan nggak bisa berkontribusi banyak, dan akan tambah repot kalau saya sibuk komentar-komentar, kasihan mereka jadi susah dan capek karena anaknya mau nikah. Jadi, saya harap sih, saat hari H nanti.. semua bisa senyum senang. Hehe..

Update-an dari saya cukup sekian, doakan saya segera dapet MUA supaya deg-degannya berakhir :)

Dan maaf ya kalau postingan kali ini minim foto..

xoxo,
n/y

38 comments

  1. Halo, boleh saya minta harga penawaran untuk semua vendor dekorasi ke nursita.setiawati@gmail.com? Terima kasih yaa :)

    ReplyDelete
  2. Hi Nursita, just sent to your email! Happy choosing! :)

    ReplyDelete
  3. halo, boleh mnt price list janur kuning dan every decoration? nurului13@gmail.com...thank you so much :)

    ReplyDelete
  4. halo... boleh minta ya price list nya agung decor, rumah kampung, janur kuning dan every decor. ? ke : mydearfam@gmail.com
    trimakasiih sebelumnya..

    ReplyDelete
  5. hai, boleh minta seluruh price list vendor dekorasi ke nurina.hapsari@gmail.com? terima kasih yaa

    ReplyDelete
  6. hallo boleh aku minta PL utk agung decor dan janur kuning ya? ke mariena.kusumaningtyas@yahoo.com makasih

    ReplyDelete
  7. Halo, boleh saya minta harga penawaran untuk semua vendor dekorasi ke dewipnurtias@gmail.com? Terima kasih yaa :)

    ReplyDelete
  8. Hallo, aku boleh tau penawaran2 decornya dan harganya ke piskamegawati@yahoo.com
    Makasih yaahh..

    ReplyDelete
  9. Hi mbak Novel,
    Boleh diinfoin tentang harga2 penawaran mereka ke susanti.wp@gmail.com
    Kalo bisa direkomendasiin sekalian buat yg outdoor aku makasih bangeed ...ehehhee

    Makasih banyak mba...

    ReplyDelete
  10. Hi Mba Novel, boleh share harga dekorasi ke ninainayah37@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak. Makasih buat reviewnya bagus dan bermanfaat sekali. Boleh minta penawaran vendor dekorasinya ke aninditadewi@hotmail.com makasih mbak :)

      Delete
  11. Hi mba novel. Thanks for share your moment. Really awesome and useable blog! 😊 anyway, if you have time would you pls to share the prclist of decoration to haniyafadhila1511@gmail.com ?
    Thanks a lot and have a lucky day 😊

    ReplyDelete
  12. hai mbak novel.. aku minta tolong dishare mbak harga penawaran dari every decor=) alamat emailku: a.ullianjari@gmail.com terima kasih yaa

    ReplyDelete
  13. hai mbaak, boleh minta share penawaran vendor dekorasinya ? Aku minat ke every tapi mau liat yang lain juga sebagai pembanding. emailnya dwimustika.h@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Hi Mbak, boleh minta dikirimkan pricelist untuk semua vendor dekorasi? Thank you banget lho. Ke email palmiravidya@gmail.com

    ReplyDelete
  15. Hi mbak bisa dikirimkan price list untuk semua vendor decoration? ke nadiamaristaputri@gmail.com.

    Thank you so much :)

    ReplyDelete
  16. Halo Mbak,

    Salam kenal, saya Niken.
    Boleh dikirimkan pricelist seluruh vendornya ke nikenramadhiani@gmail.com

    Terima kasih banyak ya mbak😊😊

    ReplyDelete
  17. Hai mbak,, review nya bagus sekali dan sangat membantu saya yang sedang bingung mencari vendor decor.
    Boleh saya dikirimi pricelist agung decoration nya mbak.
    Trimakasih..

    ReplyDelete
  18. Hi mbak, boleh sy dikirimin price list every decor? ke email sy: bayu.sda@gmail.com
    Tengkiu..

    ReplyDelete
  19. Hi mba blh minta penawaran dekornya keemail marthaelisabeth3@gmail.com? Terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  20. Hi mba blh minta penawaran dekornya keemail marthaelisabeth3@gmail.com? Terima kasih mba :)

    ReplyDelete
  21. Sorry, boleh minta pl dekor nyah? ke reny_puspita90@yahoo.com ... maap merepotkan /.\

    ReplyDelete
  22. Hy mba, boleh minta penawaran harga dari vendor-vendor dekornya? Thanx ya

    ReplyDelete
  23. Halo mba novel, kebetulan aku lagi cari-cari dekorasi pernikahan. Boleh tolong dikirimkan price listnya ke wafawardi11@gmail.com

    Maaf merepotkan, thanks

    ReplyDelete
  24. Halo mbak novel, pas banget lagi cari-cari review every decoration, boleh minta tolong dikirimkan pricelistnya ke adelynenastasia@gmail.com?

    Terima kasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  25. Halo mba, salam kenal

    Mba boleh minta pl untuk hrga janur kuning dan rumah kampung.
    pitadesiana@gmail.com

    Terimakasih,
    Pita

    ReplyDelete
  26. Halo mba, boleh dong saya minta price list janur kuning sama every decor.
    Email saya marin.hiruno@gmail.com

    ReplyDelete
  27. Halo mba boleh minta price list dari semua vendor decornya ke putrifitria48@gmail.com thankyou a lot mbaa

    ReplyDelete
  28. Hi, would u mind to send me the decor price list to roroanggun@gmail.com Thanks before :)

    ReplyDelete
  29. Hai mba, smoga masih aktif yaa blognya kali aja aku bisa dikirimin juga ke ayularasa7@gmail.com makasiih

    ReplyDelete
  30. aku mau review tentang HIS Patrajasa, mereka start pax dari 800 - 1500an. Patrajasa siapa sih yang gak tau Patrajasa Gatot Subroto? Gedung klasik mewah terkenal di tengah kota. paketnya kemarin merka kasih all in jadi tinggal urus souvenir sama undangan. Mereka juga kasih free honeymoon ke kamandalu 3D2N dan logam mulia 10gr lumayan utk nambahin mahar!! ini nomor marketingnya 082211549246 mungkin ada yang mau tanya tanya, semoga membantu..

    ReplyDelete
  31. Hallo, aku mau sharing tentang pernikahan aku di gedung HIS GRAHA ELNUSA di TB Simatupang yang sudah full karpet harganya jauh lebih murah looh untuk gedung di daerah Jak-Sel, parkirannya juga luaaaass bangett, udah gitu gak perlu ribet cari2 vendor lg karena disitu sistemnya udah ALL IN PACKAGE dan sudah ada WEDDING PLANNERnya lho.. 

    Kemarin acara aku di arrange sama Wedding Public Relation & Wedding Planner yang kooperatif bgt.. Alhamdulillah acara berjalan lancar dengan budget aku yg tidak terlalu mahal dan masuk akal..

    Silahkan langsung kontak Wedding PR yang handle aku 085887972972 mba INES namanya dia udh berpengalaman dalam hal wedding biasanya juga dia suka kasih bonus banyaakk.. hihihi

    ReplyDelete
  32. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    ReplyDelete