Liza Photography dan Sanggar Liza

Kayaknya saya udah pernah cerita, kalo secara nggak sengaja saya deal sama fotografer yang ternyata satu manajemen dengan Sanggar Liza. Di awal persiapan, saya "kiasu" (istilah Singapur untuk "buru-buru" atau "pengen duluan" atau "pengen cepet-cepet karena mumpung", asosiasinya kadang-kadang sih kurang bagus) pengen langsung cari fotografer dalam rangka nyicil persiapan. Nah, hati terpaut pada hasil foto Liza Photography yang saya lihat di brosurnya Balai Sudirman, jadi langsunglah saya (dan Yos) deal tanpa konsultasi dengan mama-mama sekalian; mumpung Liza juga waktu Januari kemarin sedang ada promo bonus photobooth kalo DP sebelum bulan Februari.

Saya baru tau belakangan kalo ternyata buat resepsi kebanyakan orang pake "sanggar" supaya praktis dalam hal make up dan seragam-seragaman. Salah saya juga sih kurang research hal-hal beginian.. Hehe. Nah, seiring berjalannya waktu, Mamanya Yos engage WO; as I told you before, kami pakai Purusatama (CPnya Bu Tati); dan Bu Tati merekomendasikan Sanggar Liza untuk hal ihwal make up di hari resepsi. Awalnya saya nggak mudeng dan dengernya "Sanggar Risa", tapi pas ngeh kalo itu sebenernya adalah Sanggar Liza, langsung deh Yos dan saya ber-"ooooo" panjang. Jadi, karena kurang research dan kurang komunikasi, akhirnya Liza Photography dan Sanggar Liza dibooked secara terpisah. Padahal yaaa, mana tau kalo dikonfirm barengan, saya bisa menuntut diskon lebih banyak.. Hehe.

Untuk contact person Sanggar Liza, saya hubungi mbak Ida. Jadi, sepanjang pilih-pilih ini dan itu, selalu dibantu oleh mbak Ida. Di bawah, saya bakal kasih nomernya, mana tau ada yang butuh :)

Saya share tentang paketan Sanggar Liza (yang notabene udah berdiri selama 32 tahun) dulu ya.. 

Saya ambil paket Diamond, yang termasuk di dalamnya adalah:
1. Make up + hair do untuk pengantin perempuan
2. Kebaya + kain/songket untuk pengantin perempuan
3. Make up pengantin laki-laki
4. Beskap pengantin laki-laki
5. Make up + hair do orangtua pengantin
6. Kain/songket untuk orangtua perempuan
7. Beskap untuk orangtua laki-laki
8. Make up + hair do untuk among tamu
9. Beskap untuk among tamu laki-laki (6 orang)
10. Kain untuk among tamu perempuan (6 orang)
11. Make up + hair do untuk penerima tamu (4 orang)
12. Kebaya + kain untuk penerima tamu (4 orang)

Menurut saya, kalau misalnya items di atas dimanfaatkan semua dengan maksimal, sangat bisa menekan budget. Nah, masalahnya, untuk kasus saya, banyak banget yang akhirnya nggak dipake karena nggak sreg atau nggak cocok dengan keinginan. Misalnya saja, baju untuk pengantin laki-laki.. tentunya nggak dipake, karena Yos maunya pake jas; sami mawon kasusnya untuk baju orangtua laki-laki (alias papa-papa). Tadinya sih saya juga mau sok-sokan bikin kebaya baru aja buat resepsi, namun.. kembali lagi pada kata "realistis", akhirnya saya milih untuk pake aja yang tersedia di Sanggar Liza, daripada mubazir. Hehe. Lagian, yang penting saya udah punya kebaya pas pemberkatan, which is much more important to keep :)

Pros:
  • By engaging Sanggar Liza, bisa irit waktu buat cari-cari hal-hal perintilan macam seragam among atau seragam penerima tamu. Semua udah all in.. (eh, atasan among perempuan nggak disediain sih, musti cari sendiri..);
  • Hasil make up Sanggar Liza bagus banget. Monggo ditengok instagramnya mbak Fitri (@fitriliza) atau mbak Reny (@renyliza);
  • Sanggar Liza buka setiap hari selama setahun (kecuali Lebaran dan hari libur massal lainnya), jadi bisa dateng weekend kalo misalnya weekdays kamu sibuk;
  • Kebaya-kebayanya lumayan inovatif dan variatif warnanya, walaupun kebanyakan yang nggak terlalu ndeso itu termasuk dalam koleksi kebaya eksklusif (additional charge IDR3,000,000).

Cons:
  • Susah banget nawar dan adjusting isi paket-paketnya. Misalnya nih.. saya mo nawar karena banyak items yang nggak dipake, nah itu musti nanya ke bagian adminnya dulu.. pun bagian adminnya musti nanya ke big bossnya.. jadi, kurang jelas berapa diskon yang bakal dikasih (atau bahkan nggak jelas, bakal ada diskon atau enggak);
  • Adjustment juga sangat mustahil untuk dilakukan. Mamanya Yos nawar, misalnya: untuk menggantikan beskap-beskap tak terpakai, boleh apa nggak diganti jadi atasan seragam among tamu aja.. supaya kita nggak usah beli seragam among tamu? Jawabannya: tidak bisa. Saya nggak tau sih ini defaultnya se-sanggar-an atau emang di Liza doang..;
  • Pilihan songketnya terbatas.. tapi kalo mau pake batik sih mereka koleksinya bejibun;
  • Banyak kebaya-kebaya cantik yang nggak keurus, kebanyakan yang disimpen lumayan rapi hanya kebaya-kebaya ekslusifnya (dimasukkan ke dalam kotak);
  • Lebih cocok untuk tema resepsi yang traditional, misalnya adat Jawa atau adat Sunda. Kalo resepsinya nasional dan non-Muslim kayak saya, susah euy..beskap-beskapnya nggak kepake.
Saya udah pilih kebaya yang saya mau, begitu juga dengan seragam among tamu dan penerima tamu. Jadi, urusan dengan Sanggar Liza sih sejauh ini udah lumayan fix.. tinggal follow up aja untuk preferensi make up dan sanggul untuk saya.

salah satu pilihan seragam untuk penerima tamu dan beskap among tamu
Yos mesem-mesem pas saya suruh nyobain beskap pengantin bernuansa gold :))
Salah satu kebaya ready stock yang manis.

Liza Photography
Saya sering banget ngomong ke Mbak Ida atau ke adminnya Liza untuk menyampaikan preferensi foto saya, tapi semua selalu jawab, "kalo untuk foto, langsung ke Mas Raga-nya aja ya mbak..". Dalam hati, saya jawab, "where is this Raga guy?!?!". Haha. Dan akhirnya.. kemarin ketemu sama pentolan Liza Photography itu, yang notabene adalah menantunya Bu Liza sendiri (alias suaminya Mbak Fitri)..

Dealnya udah berbulan-bulan yang lalu, ketemu orangnya baru sekarang, Mas Raga aja sampe bingung karena saya nggak pernah berkabar-kabar dengannya. Padahal ternyata dari dua belah pihak saling menghubungi, dan nggak pernah nyambung karena emailnya salah. Yak doenggg!
Memang kalo mau tanya-tanya dan nawar itu lebih enak ketemu muka! Kalo nawar lewat email atau whatsapp itu sama sekali nggak afdol. Pas ketemu Mas Raga, langsung enak nanya-nanya dan nawar-nawar, sehingga semuanya lebih jelas dan fix. Dodolnya saya, saya nggak ngeh kalo screen yang biasanya ada pas resepsi itu adalah propertinya vendor fotografi.. saya kira itu disediakan dari gedung; alhasil, screennya luput dari list dan mengakibatkan musti nambah harga sewa dari Liza. Karena udah deal, jadi agak susah sih nawarnya, hehe.. kayaknya bakal beda cerita kalo saya nawar dari awal sebelum kasih DP.

Saya ambil Paket Album 2 Hari dengan rincian sbb:
1. Album foto untuk acara 2 hari
2. 2 hari service: pemberkatan dan adat (1 hari, pagi sampe sore) dan resepsi di hari berikutnya (malam saja)
3. Video liputan untuk acara 2 hari
4. Sinematik (free: 2 hari)
5. Mini photo studio saat resepsi
6. Slide show saat resepsi (foto prewed, foto biografi, dan foto acara pemberkatan+adat hari sebelumnya)
7. Screen 3x4m
8. Photobooth untuk resepsi (unlimited printing selama 3 jam)

Sejauh ini sih saya cukup hepi dengan bonus-bonus yang dikasih sama Liza Photography (yah kecuali screen yang cuma dapet diskon IDR 500,000). Memang sih, kata "bonus" itu lumayan berdampak bagus untuk client, strategi marketingnya berhasil nih Mas Raga..

Waktu diskusi sama Mas Raga, orangnya cukup fleksibel kok.. rasanya kalo kita nawarnya masuk akal, dia nggak segan kasih bonus dan diskon. Saya sendiri juga punya kerja sampingan fotografer; dan berasa banget kalo kerja foto itu capek (plus ngedit-ngedit segala macem).. jadi pas nawar, saya nggak tega untuk berkejam-kejam ria.. hehe.

Ini beberapa contoh hasil foto Liza Photography dari FB-nya:



xoxo,
n/y

Contact:
Sanggar Liza / Liza Photography
Jl. J No. 7 dan No. 29, Kebun Baru
Jalan Asem Baris Raya, Tebet
Telp. (+6221) 8299280 / 70886588
E: sanggarliza@gmail.com atau mkt.lizaphoto@gmail.com (untuk fotografi)

Contact Person:
Sanggar Liza: Mbak Ida (+62 852 15556835)
Liza Photography: Mas Raga (+62 813 17170095)

ps.: Kalo ada yang mau nanya harga paket-paketnya, boleh comment dan tinggalin alamat emailnya.. nanti aku kirimin :)

2 comments

  1. waw :)
    semoga tetap update beserta gambar nya hingga beres acara ya...
    ;)
    congratz!!

    ReplyDelete