Review: Pemberkatan & Adat

Hari pemberkatan sesungguhnya jauh (jauhhhhhh banget) lebih nervous daripada hari resepsi --- tentunya! Because this is the D-day, the true wedding day! Tadinya saya kira, saya bakal santai saja.. yang mana sangat nggak mungkin! :)) Ini hari dimana saya mengikat janji dengan satu orang pria untuk seumur hidup, gimana mau santai? Untungnya kepanikan cuma terjadi sebelum semua prosesi dimulai.. mungkin karena saya kurang tidur (it happens to every bride, I guess) dan musti melek jam 2 pagi. Ditambah lagi dengan kehebohan namboru-namboru di rumah yang susah dibangunin untuk dimake-up, padahal waktunya mepet dan make up artist-nya punya banyak "pasien" pagi.

Untungnyaaaa.. semuanya bisa berjalan dengan baik --- memang benar kata orang, no matter what, it is happening. Thank God all went well!

Berikut review dari saya untuk vendor-vendor yang saya pakai dalam acara pemberkatan dan adat:

1. Make Up: Sofia Make Up
Nilai: 8/10

Kalo masalah pengantenan, hal pertama yang diliat pasti pengantinnya (setelahnya, baru makanan).. Jadi, make up review always come up first :) Mbak Sofia dateng on time, dan saya langsung duduk manis di depan cermin dengan muka beler (bisa diliat di before-after, betapa muka saya udah kaya panda dan ga bergairah senyum.. zzzzz). Mbak Sofia datang dengan seorang asisten yang mendadani mama dan pandongani saya..

Pagi-pagi buta begitu, muncullah drama dari namboru-namboru yang telat bangun, yang bikin saya lumayan panik dan pengen ikut ambil bagian untuk ngatur-ngatur apa yang harus dilakukan. Lalu, Mbak Sofia dengan suaranya yang bijak dan menenangkan kalbu, mengingatkan saya untuk tenang dan nggak usah mikirin "drama" itu, lebih baik fokus dengan hari besar saya. Saya langsung tersadar dan menurutinya, benar juga sih :D

Overall, proses mendadani saya berjalan smooth, bahkan mata saya yang sensitif dan sering berair kalo disentuh-sentuh, pagi itu cukup kooperatif untuk dipercantik. Proses mendandani sendiri selesai +/- jam 5.30am; oh ya, saya memilih melati lengkap untuk aksesoris rambut (as requested by my mom).

Ini hasil foto before-after (please, don't judge my 'before' -_-") by Sofia Make Up.

Make up Mbak Sofia bisa bertahan hingga selesai pesta adat (sekitar jam 6 sore), dengan satu kali re-touch setelah acara pemberkatan, yaitu oleh asisten Mbak Sofia berlokasi di gedung adat. Asisten Mbak Sofia juga membantu memakaikan sortali Yos dan saya, plus sedikit re-touch make up Mama.

Oh iya, mau cerita sedikit.. terjadi kehebohan lain di pagi hari saat keluarga pengantin pria sudah datang ke rumah; saya semestinya memakaikan korsase di jas-nya Yos, tapi saya lupa menanyakan pada Mbak Sofia dimana korsase itu berada, dan Mbak Sofia juga lupa memberitahu karena keasikan foto-foto. Setelah panik dan hampir nangis; namboru-namboru pun berinisiatif memotong bunga mawar dari hand bouquet saya, untuk lalu dipasangkan peniti untuk emergency solution.. Saya pun setuju karena nggak ada ide lain. Tak berapa lama.. jreng jreng.. seseorang menunjuk bagian atas bouquet dan bertanya "eh ini apa?". Di sanalah korsase bersemayam (diselipkan di antara bebungaan)! :))
Pelajaran yang bisa diambil dari kepanikan kurang penting itu adalah: di saat acara penting, jangan mendahulukan panik di atas akal sehat (haha!).

Ini hasil make up pandongani dan mama, by asisten Mbak Sofia.


Kontak: Mbak Sofia (08128681700)
FB: Sofia Make Up

2. Koor gereja: Cantiamo La Verita
Nilai: 7/10

Saya dapet referensi koor ini dari adiknya Yos, dan setelah menawar-nawar dengan CP-nya, saya dapet diskon yang lumayan, karena saya beralasan mereka cuman nyanyi di awal (wedding entrance), menyumbang satu lagu di tengah khotbah, dan menyanyi di sepanjang ibadah dengan lagu-lagu rohani yang lumayan familiar dan nggak ribet.

Overall, suara mereka memang bagus dan merdu.. kami cukup puas dengan performance-nya; walaupun ada sedikit kekurangan saat wedding entrance dimana Cantiamo La Verita memulai nyanyian dengan timing yang terlambat. Jadi, selama beberapa menit, we walked down the aisle in silence; agak tengsin juga sih.. soalnya berasa banget garingnya :( Yah, untungnya agak terbayar dengan lanjutan nyanyian mereka yang merdu. Fiuh.

CP: Pritha Aritonang (081363226475)

Monggo diliat Youtube-nya Cantiamo La Verita buat referensi :)

3. Wedding Car: Sewa Classicku
Nilai: 7.5/10

Mobil pengantin dari Sewa Classicku sesuai dengan gambar yang diberikan saat saya memilih-milih tipe mobil, cakep dan vintage sesuai selera kami! Eksteriornya sangat terawat dan manis, cukup outstanding untuk membuat mata orang-orang menoleh ke arah mobil pengantin kami :) Dan yang paling bikin happy, mobil vintage-nya ternyata cocok banget disandingkan dengan eksterior Gereja HKBP Pasar Minggu yang gothic look.



Tapi, karena mobilnya cukup tua (lebih tua dari saya), interiornya sudah banyak yang tidak berfungsi.. walaupun secara tampilannya masih sangat terawat dengan baik. No complaint for the interior, though.. we're very happy with the car we chose! Thank you, Sewa Classicku!

CP: Ferdian Handriansyah (081386017779)
Blog: www.sewa-classicku.blogspot.com
E: sewa_classicku@yahoo.com

NB: Price list sewa classicku termasuk hiasan bunga dan mobil cadangan yang mengikuti mobil utama sepanjang perjalanan.

NB2: Supir mobil utamanya masih muda dan nggak malu-maluin! :D

4. Catering: Siva Catering
Nilai: 7/10

Mungkin karena banyak dikomplain sebelum hari H (saat Marhusip dan Martumpol), Siva memperbaiki kualitasnya. Saya sendiri nggak merasakan makanan yang dihidangkan ke tamu-tamu.. cuman nyicipin ikan mas-nya (kasihan ya pengantin cuma boleh makan arsik sepanjang hari). And it tasted okay.

Ada review tambahan dari acara paranak setelah selesai acara adat. Biasanya memang diadakan di rumah, tapi karena rumah paranak jauh, jadi mereka menyewa gedung sebagai additional hour. Nah di acara ini, Siva catering sekali lagi menyediakan jasanya untuk kami, kali ini yang dipesan adalah makanan nasional yang lebih variatif, antara lain: bakso, soto, dll. And we enjoyed the food! 

Kontak: Siva Catering (082124563000)

5. Musik: Laspados
Nilai: 9/10

"Bravo, Laspados!"
Cuma itu sih komen saya.

Semua orang terdengar menikmati musiknya.. bahkan ketua adat pun memuji Laspados berkali-kali. CP-nya ramah (Amang Sirait), musiknya meriah, alat musik lengkap, dan semua bergembira. Can't ask for more! :)


6. Kebaya: Bross by Agus
Nilai: 7/10

Akhirnya ini hari yang ditunggu-tunggu untuk memakai kebaya yang bikin stress selama berbulan-bulan karena tak kunjung kelar.

Hasil akhir: wearable dan nggak malu-maluin banget lah..

Saya nggak bisa kasih komen lebih lanjut karena udah terlanjur gondok sama Mas Agus, yang belasan kali kasih janji palsu ke saya dan Mama-mama.
(well, to note: for one kebaya, it took almost 10 months to finish --- bikin stress banget!).

Kebayanya lumayan oke, pas di badan saya dan pas difoto juga cukup cakep.. Yang paling mengecewakan adalah sarungnya. Kurang enak dipakai dan nggak pas di pinggul.. beberapa kali saya musti repot benerin sarung biar nggak melorot.



Kontak: Agus (081317929547)

7. Jas Pengantin Pria: Pasar Baru
Nilai: 8/10

Jas Yos untuk pemberkatan-adat dan resepsi dua-duanya dijahit di Pasar Baru. Hasilnya tampak memuaskan, nggak ada komplain dari Yos. Menurut saya sih, jasnya pas badan dan bikin Yos tambah caem, huehehe.

Untuk waktu pengerjaan, sekitar 2 bulan-an.. satu kali ukur dan satu kali fitting sebelum finalisasi. Om penjahitnya ramah dan kooperatif mendengarkan permintaan klien.

No further comment for the suit :)



Penjahit: Sunita Tailor
Alamat: Jl. Pintu Air no. 55, Pasar Baru

8. Sepatu Pengantin Wanita: Anna Nucci Italy
Nilai: 9/10

Perihal sepatu pengantin juga sempat terjadi drama tak berujung. Pasalnya di awal, Mas Agus (penjahit kebaya pengantin) menawarkan untuk membuatkan sepatu yang matching dengan bahan kebaya saya. Saya setuju saja, pun harga yang diberikan juga nggak terlalu mahal.  Dia sempat membawakan beberapa contoh sepatu yang pernah dibuat, terlihat cantik dan elegan untuk pengantin. So, I agreed.
Kaki saya pun sempet di-traced di kertas supaya ukurannya pas dan nggak salah.. Setelah berbulan-bulan menunggu sampai bosan, akhirnya sepatu pun jadi dan dikirim ke rumah. Dan hasilnya double disappointing: 1. ukurannya salah (terlalu kecil), 2. modelnya jelek banget, cuman sepatu putih dengan kain bahan kebaya saya yang ditempel seadanya. Mama saya langsung misuh-misuh, dan nyuruh saya untuk beli sepatu lain yang lebih decent.

Saya pun panik bukan kepalang nyari sepatu dengan waktu yang mepet (kurang dari sebulan). Untungnya teman saya langsung nyebut satu toko yang memang khusus jual sepatu-sepatu bridal dan harganya masih terjangkau (dibanding branded shoes like Jimmy Choo etc. << ya iyalahh!); Anna Nucci!

Saya cuma datang ke satu tokonya dan milih sepatu dalam waktu kurang dari setengah jam. Modelnya memang nggak bejibun, tapi semuanya terlihat manis.. tinggal pilih mau yang setinggi apa dan seheboh apa. Saya tentu saja pilih model yang sesederhana mungkin dan nggak terlalu tinggi. Salesperson menyarankan untuk memilih yang bagian depannya ada sedikit wedges, supaya nggak terlalu pegel kalo dipakai terlalu lama.

Ini model yang saya pilih (link: Anna Nucci)

Dan ternyata.. Anna Nucci enak dipakai! :) Kaki saya nggak sakit sama sekali.. padahal biasanya saya nggak betah pakai heels, tapi Anna Nucci berhasil tahan saya pakai sedari pagi hingga sore. Highly recommended!

Lokasi toko Anna Nucci (mana tau ada yang iseng cari sepatu pengantin ke Singapore):
1. Plaza Singapura
2. Far East Plaza
3. Jurong Point
4. Harbourfront Center

9. Dekorasi (gereja + gedung adat): Romora
Nilai: 6/10

To be honest, saya nggak sreg dengan hasil dekorasi Romora.

Tapi.. entah mengapa, banyak orang yang nanya ke Mama tentang dekor, karena mereka impressed dengan hasil dekor Romora (termasuk Amang Sirait dari Laspados, yang waktu itu juga akan menikahkan anaknya dan sedang cari-cari vendor).

Kami memang sengaja memilih dekorasi standard dari Romora, karena ceiling Bagas Raya yang nggak tinggi dan nggak memungkinkan dipakaikan dekorasi rumah Batak yang biasanya lumayan tinggi. Saat berkonsultasi untuk dekorasi, CP Romora susah banget diajak diskusi.. seems like she has her own imagination for her piece of art. Mamanya Yos sudah menyerah untuk diskusi dan pasrah saja pada hasil akhirnya, saya yang nggak ikutan dalam hal berdiskusi, juga sedikit merasakan kesulitan berkomunikasi via sms/email dengan Inang Situmorang. But, we had no other choice.. daripada dekorasi dari gedung yang tampak tidak meyakinkan, lebih baik memakai jasa orang dekorasi yang memang bidangnya.

Untuk dekorasi gereja, ada biaya tambahan (IDR 2,500,000) karena ada request bunga khusus dari Mamanya Yos. Komentar dari Mamanya Yos, "lumayan untuk dekor gerejanya..".


Hasil dekorasi gereja, by Romora.
Tapi, tetep yang bikin clueless adalah dekorasi pelaminan adat. Warnanya nabrak-nabrak >.< (can you see that red and yellow textile at both side?) Saya sempet nahan napas pas mau naik ke pelaminan.. agak shock liat material dan pengerjaannya.
Dekorasi pelaminan adat.
Tapi mungkin style yang diusung oleh Romora Dekorasi memang Batak style yaaa.. saya juga kurang mengerti sesungguhnya; bisa terbukti dari banyaknya testimoni memuji perihal dekorasi adat. :D

CP: Ny. Situmorang (021-8470374 / 0811849127)

10. Dokumentasi: Liza Photography
Nilai: 9/10 (UPDATED!)

Untuk review lengkap, bisa lihat postingan sebelumnya ya :)


11. Undangan Adat: Nauli
Nilai: 8/10

Undangan adat yang dipilih cukup sederhana, dan memang sengaja ngambil dari template yang udah tersedia supaya bisa menekan harga dan selesai lebih cepat.

Komunikasi cukup lancar dengan Nauli, revisi setelah dikomen juga cepet responnya (bisa komunikasi lewat berbagai media, misalnya: sms, telepon, dan email) jadi lebih memudahkan untuk Yos dan saya yang jauh di seberang pulau.. Pas kita samperin ke Pasar Tebet langsung, abang-abang penjualnya juga komunikatif, mereka masih muda.. jadi lumayan nyambung kalo diajak ngomong dan becanda.

Overall, servicenya memuaskan dan on time!

CP: Agus (089618608031) atau Mike (081383222145)
Alamat: Pasar Tebet Barat, Gedung Ramayan, Lt. Basement
Jl. Tebet Barat, Tebet, Jaksel 12810


---------

Yay! Selesai sudah review vendor-vendor dari saya! :) Lega rasanya sudah menunaikan tugas (ceilehhh).. semoga apa yang saya tulis bisa berguna untuk khalayak ramai yaaa.. Cheers!

xoxo,
n/y

No comments

Leave a Reply